CeraHari: Karya Kreatif, Hadirkan Kontradiktif


Hari ini adalah hari yang sangat bermakna bagi INAMORATA. Dibantu oleh EPmusicindo selaku publisher, pada tanggal 17 juli 2020 sebuah lagu berjudul "CeraHari" akhirnya dirilis sebagai single pertama dari rancangan mini album dengan judul "Kagumi Terang, Kenali Gelap". Selamat & sukses untuk INAMORATA!!!

Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba mengulas lagu tersebut dengan pendekatan asal-asalan berdasarkan pengalaman keilmuan yang saya pahami. Mulai dari musik, lirik, atau apapun yang menarik untuk ditelisik. Kabar baik bagi saya karena mendapat izin dari pihak terkait untuk menyertakan keseluruhan lirik dan akan saya bagikan dalam tulisan ini. Kepada para pembaca: selamat membaca, atau ikut mencoba mengulasnya dan mencari-cari makna dari keutuhan lagunya.

Mulai dari judul lagunya INAMORATA mengusung "CeraHari" yang merupakan gabungan dari 2 kata dasar, yaitu kata 'cerah' dan 'hari' yang disatukan pengucapannya pada huruf "h". Entah ada maksud tersembunyi atau tidak dibalik penyatuan diantara kedua suku kata tersebut, mungkinkah ada sesuatu yang menarik? Nanti akan saya cari tahu kepada pihak terkait, untuk saat ini saya hanya akan terfokus pada apa yang jelas terlihat saja. Mungkin nanti kita akan menemukan misterinya setelah mendengarkan perpaduan musik dan lirik dari keseluruhan lagunya. Sekarang, mari kita kulik bersama!

Lirik "CeraHari"
by INAMORATA
Lyric by: Ramses, Patih McGulam, Nesta, Bajul

Debu malam senyaman embun pagi
menjadi awal hari.
Semua orang menatap keriuhan
pertanda bahwa kita aman.

Ia sambut CeraHari dengan jiwa sepi
Menari tanpa hati
Ia sambut CeraHari dengan sendu sedih
Tak akan ada mimpi

Namun dirinya tak sanggup
Tuk tertawa bersama
Karena ia tak Bahagia.
Senyum harapan menghilang
Bersama cinta yang terbang
Terbawa hembus angin malam

CeraHari..CeraHari..CeraHari..

Namun dirinya tak sanggup
Tuk tertawa bersama
Karena ia tak Bahagia.
Senyum harapan menghilang
Bersama cinta yang terbang
Terbawa hembus angin malam

Ia membutuhkannya, Ia mencarinya
Ia membutuhkannya, Ia mencarinya


Diatas adalah lirik "CeraHari" yang digarap secara kolektif oleh manusia-manusia bertalenta yang memiliki ketertarikan dengan kata-kata dan tulisan, kemudian dipadukan dengan musik alternative rock yang mudah diterima oleh telinga para pendengarnya. "CeraHari" bagi saya adalah sebuah lagu yang memiliki nilai magis yang mampu menghipnotis.

Jika diperhatikan lebih jauh antara musik dan lirik "CeraHari" sebenarnya memiliki benturan antara dua suasana yang saling berlawanan. Yaitu, pada musik dengan tema ceria yang disuguhkan dan menjadi latar dari lirik yang bertema cukup kelam, dalam hal ini INAMORATA cukup berhasil menyajikan sebuah lagu yang menghadirkan kontradiksi antara suasana gelap dan terang. Sungguh sebuah konsep yang dipikirkan matang, kontradiksi ini juga sangat matching dengan judul yang diangkat untuk albumnya, "Kagumi Terang, Kenali Gelap".

Pada lirik "Ia sambut CeraHari dengan jiwa sepi, menari tanpa hati", dan "Ia sambut CeraHari dengan sendu sedih, tak akan ada mimpi" lagu ini menjelaskan perasaan yang begitu hampa yang sedang dialami oleh sosok 'ia' atau tokoh yang dimaksud oleh penulis dalam lirik di atas. Sosok 'ia' seolah kehilangan cinta yang dibutuhkannya dan dicari-carinya, hal ini diperkuat oleh lirik yang terdapat pada bagian reffrain dan akhiran dari lirik lagu tersebut.

Dalam keseluruhan lirik lagu "CeraHari" ini, INAMORATA mampu menghadirkan suasana kelam dan rasa hampa yang sangat lekat dan sepertinya lumrah dialami dalam perjalanan kehidupan setiap manusia. Saya seperti diajak kembali untuk menikmati kisah-kisah lama tentang cinta yang berakhir tragis seperti Romeo - Juliet karya Shakespeare dan dipaksa untuk memahami bagaimana perasaan Juliet ketika sosok Romeo yang begitu dicintainya harus mati dihadapannya. Atau seperti menikmati euforia dalam depresi dan perasaan kosong yang banyak dialami para pemuda dewasa ini dalam fenomena quarter-life crisis.

Sementara dari segi musik yang diusung oleh INAMORATA pada lagu ini sangat berlawanan karena cenderung bertema ceria, bright, dan sangat mudah diterima oleh telinga. Komposisinya begitu sederhana namun berisi dan tidak membosankan. Suasana dari musiknya seperti memberikan suasana cerah dan sejuk, seperti waktu pagi hari lengkap dengan cahaya matahari yang memberikan kesan semangat, segar, dan menyenangkan.

Mungkin saya agak berlebihan karena sudah terlalu dibuat terlena oleh musik, lirik, dan keseluruhan lagu ini, sehingga tulisan ini menjadi bersifat sangat subjektif. Atau mungkin karena saya pribadi memang memiliki keterlibatan dalam penulisan liriknya. Namun tetap saja, sampai saat ini saya tak menyangka pemikiran dan pandangan saya pada lirik serta musiknya mampu diputarbalikkan secara signifikan sehingga menjadi tema yang begitu kelam namun mudah diterima karena musik yang menyenangkan. Jujur, saya dibuat kehabisan kata-kata ketika lagu ini rilis dengan perpaduan yang kontradiktif tersebut. Jika para pembaca ada yang ingin mencobanya dan memberikan ulasan seperti saya dengan lebih objektif, silakan mendengarkan terlebih dahulu lagu yang baru saja rilis di Spotify ini. Selamat mencari-cari sembari menikmati lagunya.

Terima kasih kepada pihak dari INAMORATA yang telah mengajak bekerjasama, walaupun hasil keseluruhan dari lagunya membuat plot twist bagi pemikiran saya pribadi. Terima kasih juga kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini.

Dan terakhir saya ucapkan sekali lagi,
"Selamat kepada INAMORATA, dan EPmusicindo atas rilisnya lagu berjudul "CeraHari" di Spotify!!"

Thank you!!

- Irsyad -

Komentar