Mengenal Musik di Semesta


Tuhan telah menciptakan semesta ini dengan kehendak-Nya. Bumi ini saja dipenuhi kesenian-Nya dalam banyak bentuk, salah satunya yang sangat dekat dengan kita adalah seni musik.

Menurut wikipedia, musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Tanpa kita sadari, suara yang kita dengar sehari-hari adalah sebuah musik yang menciptakan terbangunnya sebuah suasana. Kemanapun kita pergi selalu ada bunyi-bunyian yang bisa kita dengar. Disebuah tempat yang dibilang orang-orang sangat sunyi pun pasti ada bunyi-bunyian alam yang bisa kita dengarkan. Bunyi alam tersebutlah mahakarya-Nya. Berikut akan saya jelaskan kenapa suara alam layak disebut sebuah musik.




Tuhan sebenarnya menciptakan musik dengan alat yang diatur dapat bergerak dengan sendirinya seperti angin dan air yang bisa kita temui dimana saja. Gemericik air, siulan angin, desikan dedaunan, desiran ombak begitu syahdu, juga menghasilkan sebuah keharmonisan yang bisa menenangkan hati kita. Kurangnya kita adalah kepekaan untuk memahami irama dari musik-Nya yang sebenarnya lebih membantu terbentuknya sebuah suasana serta bisa menjadi petanda untuk fenomena alam yang akan datang.

Musik-Nya adalah musik yang membutuhkan kepekaan bagi kita untuk bisa menikmatinya. Alam bawah sadar kita sebenarnya lebih memahami, mengenal, dan bisa menikmati musikalitas-Nya. Kok bisa bawah sadar kita mengenalnya? Tentu saja. Setiap pencipta pasti memasukkan sifat-sifat yang dimilikkinya kepada sesuatu yang diciptakannya. Sama saja seperti kita menulis sebuah cerita, pasti kita menghadirkan tokoh yang membawa sifat-sifat yang kita miliki.

Begitulah sebuah pendapat berdasarkan pandangan saya. Ketika kita lebih peka terhadap apapun yang ada disekitar kita, banyak hal yang akan kita kenali dan mengerti. Jika ada sanggahan, silakan mengisi komentar dibawah.


Terima kasih.
Semoga menginspirasi.

Komentar