Hobi: Berpikir



Manusia memang memiliki bermacam cara untuk menyenangkan diri. Salah satu hal yang menyenangkan dan saya senangi adalah berpikir. Mungkin karena berpikir merupakan hal paling mendasar sebelum kita melakukan atau mewujudkan sesuatu.

Saya sangat senang melakukan hal-hal yang melibatkan pikiran, seperti menulis puisi atau lirik lagu, memainkan musik atau membuat lagu, membaca atau mengkhayal,  berdiskusi atau mengobrol santai. Sangat menyenangkan ketika melakukannya.

Kegiatan berpikir memang dinilai membosankan bagi sebagian orang. Padahal untuk menilai kebosanan tersebut mereka telah melalui proses berpikir. Barulah mereka bisa menyimpulkan kalau merasa bosan. Cukup membingungkan memang. Saya pun kebingungan menuliskannya. Tetapi, saya sangat menyukai hal-hal yang membingungkan, supaya nantinya bisa menemukan sebuah kesimpulan.

Ketika melakukan kegiatan berpikir, saya akan selalu menekankan bahwa, tak ada sesuatu yang terlalu benar atau terlalu salah, terlalu baik atau terlalu buruk, dst. Menurut saya benar-salah, baik-buruk, dsb. merupakan kata sifat, dan setiap kata sifat bersifat relatif atau tidak mutlak.

Saya rasa berpikir bukan lagi menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi saya, melainkan sebuah kebutuhan selain makan, minum, istirahat, dan olah raga. Memang begitulah adanya. Manusia memang membutuhkan hobi. Jika tidak memilikinya, bagaimana manusia bisa menikmati hidupnya?

Selamat berpikir!
 
Terima kasih.

Komentar

Posting Komentar