Musisi dan pengaruhnya



Para musisi bukan hanya menghibur, nyatanya mereka juga berperan dan memiliki pengaruh yang bisa dibilang setara seorang guru atau mungkin seorang nabi yang mengajarkan dan menyadarkan tentang bagaimana seharusnya seorang manusia menjalani kehidupannya. Melalui lirik-lirik lagunya mereka memberi pesan, nasihat, dan inspirasi bagi para pendengarnya. Meskipun setiap musisi memiliki gaya khasnya masing-masing tetapi, ajaran yang hendak disampaikan oleh mereka serupa, tak jauh dari pembahasan tentang manusia dengan segala persoalannya.

Lirik-lirik tentang cinta, kasih sayang, kedamaian, kemanusiaan dan lain sebagainya seringkali dapat kita dengarkan dengan balutan musik yang mampu mengusik dan membangkitkan rasa yangv kita miliki. Pesan-pesan yang ingin disampaikan juga tak melulu tersurat, ada pula yang tersirat. Saya akan mengenalkan beberapa musisi yang memengaruhi kehidupan banyak orang yang menjadi pemgikut, penggemar, pendengar, atau hanya sebagai penikmat karya-karyanya.

Banyak sekali musisi dan grup musik yang sudah dikenal dan masih menjadi panutan masyarakat khususnya para pencinta musik diseluruh penjuru dunia. Semisal John Lennon dan bandnya The Beatles, Queen, The Doors, Bob Dylan, Frank Sinatra, Elvis Presley, Eric Clapton, Michael Jackson, Elton John, Led Zeppelin, Pink Floyd, The Who, Radiohead, Oasis, Red Hot Chili Peppers, The Cure, Guns N' Roses, Metallica, U2, Dream Theater, SRV, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka memiliki pengaruh luar biasa terhadap pikiran maupun pandangan hidup bagi para penikmatnya.

Bukan hanya ada di luar negeri, di indonesia juga terdapat musisi-musisi maupun grup musik yang berpengaruh bagi pendengarnya. Para musisi seperti Gesang, Benyamin S, Bing Slamet, Chrisye, Koes Plus, God Bless, Iwan Fals, Slank, Dewa 19, Boomerang, Jamrud ,dan lainnya tak bisa dipandang sebelah mata, mereka juga dapat memengaruhi cara berpikir ataupun sudut pandang setelah kita mendengarkan dan memahami maksud dari  lirik-lirik lagunya.

Pengaruh mereka tak perlu diragukan. Terbukti dengan banyak fans yang mengikuti mereka mulai dari gaya berpakaian hingga gaya hidupnya, attitude, gaya bermusik, dan lain sebagainya. Dan terakhir saya akui kalau lirik-lirik lagu mereka telah menginspirasi, merubah, memberikan pelajaran dalam cara berpikir saya.

Kalian penasaran dengan lirik serta lagu-lagu mereka? Mudah saja. Kalian bisa mencarinya dengan google atau mesin pencari serupa dan dengan mudah dapat kalian temui lirik ataupun lagu-lagunya di sana, tentunya jika kalian memiliki kuota data dan terhubung dengan internet.

Sekian dan selamat mencari tahu. 😊

Mari budayakan membaca dan gunakan rasa ingin tahu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat bagi diri kita.

Komentar